Thursday, October 1, 2015

Arti Penting Organisasi

Istilah organisasi dapat diartikan sebagai :
  • Wadah : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
  • Proses  : Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien

Dalam hal ini, banyak sekali pengertian organisasi menurut pendapat-pendapat para ahli, sebagai berikut :
       1. Menurut Stoner
              Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui nama
              orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama
       2. Menurut James D. Mooney
              Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
              tujuan bersama
       3. Chester I. Bernard
              Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
              dilakukan oleh dua orang atau lebih

Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperlihatkan fungsi dan dinamika organisasi/birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut, terkandung beberapa maksud, yaitu :
    a. Organisasi dan metode merupakan kunci / syarat pelaksanaan kerja yang
        setepat-tepatnya
    b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
    c. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang
        tersedia
    d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisien kerja untuk
        mencapai tujuan

Dari uraian diatas, terlihat jelas eratnya hubungan antara manajemen, organisasi, dan metode. Dan bahkan dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Beberapa arti dari Organisasi :
       a. Organisasi dalam Arti Statis
               Gambaran secara skemaris tentang hubungan kerjasama antara orang-
               orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai tujuan
       b. Organisasi dalam Arti Dinamis
               Setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema
               organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang tugas dan
               tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu organisasi. Atau
              disingkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir, yaitu kegiatan
              menetapkan susunan organisasi suatu usaha.
       c. Organisasi sebagai Sistem Kerjasama
               Kerjasama dalam suatu organisasi sangat penting karena mencakup
               dalam berbagai bidang yang mengarahkan pada suatu tujuan
       d. Organisasi sebagai Sistem Tata Hubungan Kerja
               Hubungan kerja dalam suatu organisasi sangat nerperan penting dalam
               terlanksananya suatu organisasi dalam mengendalikan dan
               memanfaatkan sistem tata hubungan dalam proses berorganisasi
       e. Organisasi sebagai Proses Pembagian Tugas
               Organisasi sebagai proses pembagian tugas, berarti organisasi
               memiliki pembagian tugas yang sudah terstruktur sengan baik agar
               suatu organisasi berjalan dengan lancar dan efektif

Jadi, kesimpulannya organisasi itu sangat penting. Banyak manfaat yang dapat diambil dalam berorganisasi. Seperti, menambah wawasan, menambah pengalaman, menambag teman/link/relasi, percaya diri, disiplin, dan masih banyak lagi.


Sumber :
     - Pemikiran diri sendiri
     - Elearning Gundarma
     - http://alessandrokevin.blogspot.co.id/2013/10/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode.html


PENGALAMAN BERORGANISASI

       Sewaktu saya SMP, saya mengikuti organisasi Pramuka. Di Pramuka itu banyak sekali hal yang diajarkan. Saya diajarkan mandiri. Mandiri disini artinya mandiri dalam berbagai situasi. Seperti misalnya, jika kita sedang camping di tengah hutan, disana kita dituntut untuk menghadapi segala hal yang terjadi. Jika kita ingin memasak, kita harus mencari sendiri kayu bakarnya untuk dijadikan sumber api. Selain mandiri, saya juga diajarkan kedisiplinan, bekerja sama dengan orang lain, menghormati dan menghargai orang lain, belajar mengatur waktu dengan baik, dan lain-lain. Di Pramuka, saya juga diajarkan tentang sandi morse. Tujuannya untuk berbicara jarak jauh. Misalnya, jika kita terpisah beberapa jarak yg cukup jauh dengan teman kita, dan kita tidak dapat mendengar apa yang mereka katakan, nah dengan menggunakan sandi morse ini lah kita dapat berkomunikasi. Selain itu, saya juga diajarkan menyimpul tali. Tujuannya untuk mengikat tali-tali supaya kencang. Misalnya untuk membuat pegangan tali pada saat kita sednag memanjat tebing.

      Nah sewaktu saya SMA, saya mengikuti organisasi ROHIS (Rohani Islam). Di dalam rohis, saya diajarkan bagaimana saya berkomitmen dalam sebuah organisasi, bagaiman cara berkomunikasi dengan baik, siap bekerjasama disalam tim, dan lain-lain. Hal yang membuat saya senang bergabung di Rohis ini karena banyak sekali acara yang diadakan. Misalnya acara Pesantren Kilat, acara Islamic Fesival, acara Bakti Sosial, dan masih banyak lagi. Saya senang karena didalam sebuah acara itu saya banyak hal yang saya dapat sebagai panitia. Seperti belajar berkomunikasi antar anggota. Memang benar, didalam sebuah organisasi, komunikasi itu sangat penting. Karenam jika sistem komunikasi yang kita jalankan berantakan, maka ada kemungkinan acara tersebut menjadi berantakan selama kita belum bisa mengantisipasinya.

No comments:

Post a Comment