- Wadah : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama
- Proses : Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang efisien
Dalam hal ini, banyak sekali pengertian organisasi menurut pendapat-pendapat para ahli, sebagai berikut :
1. Menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui nama
orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama
orang-orang dibawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama
2. Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama
tujuan bersama
3. Chester I. Bernard
Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih
dilakukan oleh dua orang atau lebih
Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperlihatkan fungsi dan dinamika organisasi/birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut, terkandung beberapa maksud, yaitu :
a. Organisasi dan metode merupakan kunci / syarat pelaksanaan kerja yang
setepat-tepatnya
setepat-tepatnya
b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
c. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang
tersedia
tersedia
d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisien kerja untuk
mencapai tujuan
mencapai tujuan
Dari uraian diatas, terlihat jelas eratnya hubungan antara manajemen, organisasi, dan metode. Dan bahkan dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.
Beberapa arti dari Organisasi :
a. Organisasi dalam Arti Statis
Gambaran secara skemaris tentang hubungan kerjasama antara orang-
orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai tujuan
orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai tujuan
b. Organisasi dalam Arti Dinamis
Setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema
organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang tugas dan
tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu organisasi. Atau
disingkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir, yaitu kegiatan
menetapkan susunan organisasi suatu usaha.
organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang tugas dan
tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu organisasi. Atau
disingkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir, yaitu kegiatan
menetapkan susunan organisasi suatu usaha.
c. Organisasi sebagai Sistem Kerjasama
Kerjasama dalam suatu organisasi sangat penting karena mencakup
dalam berbagai bidang yang mengarahkan pada suatu tujuan
dalam berbagai bidang yang mengarahkan pada suatu tujuan
d. Organisasi sebagai Sistem Tata Hubungan Kerja
Hubungan kerja dalam suatu organisasi sangat nerperan penting dalam
terlanksananya suatu organisasi dalam mengendalikan dan
memanfaatkan sistem tata hubungan dalam proses berorganisasi
terlanksananya suatu organisasi dalam mengendalikan dan
memanfaatkan sistem tata hubungan dalam proses berorganisasi
e. Organisasi sebagai Proses Pembagian Tugas
Organisasi sebagai proses pembagian tugas, berarti organisasi
memiliki pembagian tugas yang sudah terstruktur sengan baik agar
suatu organisasi berjalan dengan lancar dan efektif
memiliki pembagian tugas yang sudah terstruktur sengan baik agar
suatu organisasi berjalan dengan lancar dan efektif
Jadi, kesimpulannya organisasi itu sangat penting. Banyak manfaat yang dapat diambil dalam berorganisasi. Seperti, menambah wawasan, menambah pengalaman, menambag teman/link/relasi, percaya diri, disiplin, dan masih banyak lagi.
Sumber :
- Pemikiran diri sendiri
- Elearning Gundarma
- http://alessandrokevin.blogspot.co.id/2013/10/arti-pentingnya-organisasi-dan-metode.html
PENGALAMAN BERORGANISASI
Sewaktu saya SMP, saya mengikuti organisasi Pramuka. Di Pramuka itu banyak sekali hal yang diajarkan. Saya diajarkan mandiri. Mandiri disini artinya mandiri dalam berbagai situasi. Seperti misalnya, jika kita sedang camping di tengah hutan, disana kita dituntut untuk menghadapi segala hal yang terjadi. Jika kita ingin memasak, kita harus mencari sendiri kayu bakarnya untuk dijadikan sumber api. Selain mandiri, saya juga diajarkan kedisiplinan, bekerja sama dengan orang lain, menghormati dan menghargai orang lain, belajar mengatur waktu dengan baik, dan lain-lain. Di Pramuka, saya juga diajarkan tentang sandi morse. Tujuannya untuk berbicara jarak jauh. Misalnya, jika kita terpisah beberapa jarak yg cukup jauh dengan teman kita, dan kita tidak dapat mendengar apa yang mereka katakan, nah dengan menggunakan sandi morse ini lah kita dapat berkomunikasi. Selain itu, saya juga diajarkan menyimpul tali. Tujuannya untuk mengikat tali-tali supaya kencang. Misalnya untuk membuat pegangan tali pada saat kita sednag memanjat tebing.
Nah sewaktu saya SMA, saya mengikuti organisasi ROHIS (Rohani Islam). Di dalam rohis, saya diajarkan bagaimana saya berkomitmen dalam sebuah organisasi, bagaiman cara berkomunikasi dengan baik, siap bekerjasama disalam tim, dan lain-lain. Hal yang membuat saya senang bergabung di Rohis ini karena banyak sekali acara yang diadakan. Misalnya acara Pesantren Kilat, acara Islamic Fesival, acara Bakti Sosial, dan masih banyak lagi. Saya senang karena didalam sebuah acara itu saya banyak hal yang saya dapat sebagai panitia. Seperti belajar berkomunikasi antar anggota. Memang benar, didalam sebuah organisasi, komunikasi itu sangat penting. Karenam jika sistem komunikasi yang kita jalankan berantakan, maka ada kemungkinan acara tersebut menjadi berantakan selama kita belum bisa mengantisipasinya.
PENGALAMAN BERORGANISASI
Sewaktu saya SMP, saya mengikuti organisasi Pramuka. Di Pramuka itu banyak sekali hal yang diajarkan. Saya diajarkan mandiri. Mandiri disini artinya mandiri dalam berbagai situasi. Seperti misalnya, jika kita sedang camping di tengah hutan, disana kita dituntut untuk menghadapi segala hal yang terjadi. Jika kita ingin memasak, kita harus mencari sendiri kayu bakarnya untuk dijadikan sumber api. Selain mandiri, saya juga diajarkan kedisiplinan, bekerja sama dengan orang lain, menghormati dan menghargai orang lain, belajar mengatur waktu dengan baik, dan lain-lain. Di Pramuka, saya juga diajarkan tentang sandi morse. Tujuannya untuk berbicara jarak jauh. Misalnya, jika kita terpisah beberapa jarak yg cukup jauh dengan teman kita, dan kita tidak dapat mendengar apa yang mereka katakan, nah dengan menggunakan sandi morse ini lah kita dapat berkomunikasi. Selain itu, saya juga diajarkan menyimpul tali. Tujuannya untuk mengikat tali-tali supaya kencang. Misalnya untuk membuat pegangan tali pada saat kita sednag memanjat tebing.
Nah sewaktu saya SMA, saya mengikuti organisasi ROHIS (Rohani Islam). Di dalam rohis, saya diajarkan bagaimana saya berkomitmen dalam sebuah organisasi, bagaiman cara berkomunikasi dengan baik, siap bekerjasama disalam tim, dan lain-lain. Hal yang membuat saya senang bergabung di Rohis ini karena banyak sekali acara yang diadakan. Misalnya acara Pesantren Kilat, acara Islamic Fesival, acara Bakti Sosial, dan masih banyak lagi. Saya senang karena didalam sebuah acara itu saya banyak hal yang saya dapat sebagai panitia. Seperti belajar berkomunikasi antar anggota. Memang benar, didalam sebuah organisasi, komunikasi itu sangat penting. Karenam jika sistem komunikasi yang kita jalankan berantakan, maka ada kemungkinan acara tersebut menjadi berantakan selama kita belum bisa mengantisipasinya.
No comments:
Post a Comment