Thursday, October 13, 2016

Pengenalan Intelegensi Buatan (KB)

Pengertian
Awalnya komputer difungsikan sebagai alat hitung. Seiring dengan perkembangan jaman, komputer diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia. Manusia bisa pandai menyelesaikan masalah karena mempunyai pengetahuan, penalaran dan pengalaman. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan menalar. AI merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia. 

Kecerdasan Buatan dilihat dari berbagai sudut pandang :
  1. Sudut pandang kecerdasan : Mesin menjadi 'cerdas' (mampu berbuat apa yang dilakukan manusia)
  2. Sudut pandang penelitian : Studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia
  3. Sudut pandang bisnis : Kumpulan peralatan yang sangat powerfull dan metodelogis dalam menyelesaikan masalah bisnis
  4. Sudut pandang pemrograman : Studi tentang pemrograman simbolik, penyelasian masalah dan percarian
Aplikasi KB memiliki 2 bagian utama, yaitu : 
  • Basis pengetahuan (Knowlegde Base) : berisi fakta, teori, pemikiran, dan hubungan antara satu dengan lainnya
  • Motor Inferensi (Interface Engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman

Komputasi KB vs Komputasi Konvensional


Sejarah KB
Tahun 1950-an, Alan Turing mengusulkan tes melihat untuk melihat bisa/tidaknya mesin memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan (agar mesin dapat dikatakan cerdas). Istilah "Artificial Intellegence" dimunculkan oleh John McCarthy (MIT), tahun 1956 pada Dartmouth Conference. Dalam konferensi itu juga didefinisikan tujuan AI, yaitu mengetahui dan memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia tersebut.

Beberapa program AI peroide 1956-1966 :

  • Logic Theorist, untuk membuktikan teorema matematik
  • Sad San (oleh Robert K.Lindsay, 1960), program yang dapat mengetahui kalimat sederhana dalam bahasa Inggris dan memberikan jawaban dari fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
  • ELIZA (Joseph Weizenbaum, 1967), program untuk terapi pasien dengan memberikan jawaban
Lingkup Kecerdasan Buatan
  1.  Sistem Pakar  : komputer memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar
  2. Pengolahan Bahasa Alami : diharapkan user dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan bahasa sehari-hari
  3. Pengenalan Ucapan : melalui pengenalan ucapan, diharapkan manusi dapat berkomunikasi dengan komputer menggunakan suara
  4. Robotika dan Sistem Sensor 
  5. Computer Vision : menginterprestasikan gambar atau obyek-obyek tampak melalui komputer
  6. Intelligence Computer - Aided Instruction : komputer digunakan sebagai tutor yang dapat melatif dan mengajar
  7. Game Playing
Soft Computing
Soft Computing adalah koleksi dari beberapa metodelogi yang bertujuan untuk mengeksploitasi adanya toleransi terhadap ketidaktepatan, ketidakpastian dan kebenaran parsial untuk dapat diselesaikan dengan mudah, dengam biaya penyelesaian yang murah.

Soft Computing merupakan inovasi baru dalam membangun IB yang memiliki keahlian seperti manusia pada domain tertentu, mampu beradaptasi dan belajar agar dapat bekerja lebih baik jika terjadi perubahan lingkungan,

Unsur-unsur pokok Soft Computing :
  • Sistem Fuzzy Logic (mengakomodasi ketidaktepatan)
  • Jaringan Syaraf (menggunakan pembelajaran)
  • Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian)
  • Evolutionary Computing (optimasi)

No comments:

Post a Comment